Beberapa Gejala Dehidrasi Yang Harus Diketahui

Beberapa Gejala Dehidrasi Yang Harus Diketahui – Dehidrasi merupakan keadaan saat tubuh banyak kehilangan cairan, sehingga tubuh tidak memiliki cairan cukup untuk menjalankan fungsi normal. Usahakan agar senantiasa menjaga kandungan air dengan kadar yang ideal pada tubuh, mengingat fungsinya sangat penting. Adapun tanda awal dari dehidrasi adalah sering merasa pusing, jumlah urin berkurang dan berwarna lebih gelap.

Hampir semua orang bisa mengalami dehidrasi jika cairan di dalam tubuhnya menurun, namun ada orang yang mungkin memiliki risiko yang lebih besar seperti para atlet. Dehidrasi sendiri dapat dihubungkan dengan aktivitas fisik, pola makan, hingga kondisi iklim. Akan tetapi penyebab utama dari dehidrasi adalah diare atau berkeringat berlebih saat demam. Untuk itu, anda perlu mengetahui beberapa gejala dehidrasi yang ada di bagian berikutnya. Baca juga: manfaat lemon untuk kesehatan.

Beberapa Gejala Dehidrasi Yang Harus Diketahui

1.Merasa Haus

Ketika anda jarang minum, maka jangan heran jika nantinya akan dengan mudah merasa haus. Bukan hanya bagian mulut yang kering, tenggorokan juga merasakan kekeringan. Agar tidak terjadi hal yang menyebabkan dahaga dalam tingkat tinggi, ada baiknya perbanyak minum air putih. Namun ingat jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi air putih mineral.

2. Mulut Kering

Tahap ringan yang memungkinkan gejala dari timbulnya dehidrasi adalah mulut terasa kering. Kekurangan cairan secara berlebih memang berbahaya akibat jarang sekali minum air putih. Oleh sebab itu, mulut memiliki tingkat kelembaban yang rendah dan pada akhirnya bersifat kering, lantaran tidak terdapat cairan yang masuk ke dalam rongga mulut.

3. Kulit Kering

Bukan hanya mulut yang kering, kulit juga akan dilanda kekeringan. Adapun bagian yang diderita seperti permukaan kulit tubuh baik wajah, kaki, tangan, hingga daerah lainnya. Tanda utama yang bisa dilihat adalah kulit mulai mengelupas dan tampak pecah-pecah terutama di area kaki. Biasanya agar lebih lembab kulit akan dilumuri oleh body lotion.

4. Sembelit

Susah buang air besar atau konstipasi merupakan masalah kesehatan terhadap sembelit. Dimana penderita dehidrasi akan menunjukkan gejala sembelit pada waktu-waktu tertentu. Di kala penderita dehidrasi tersebut mengonsumsi banyak air putih, memungkinkan buang air besar menjadi lancar. Hal ini dikarenakan cairan mampu mendorong sisa makanan yang terdapat pada tubuh untuk keluar melewati feses.

5. Feses Keras

Siapa sangka selain sembelit, ternyata ada feses keras yang berpengaruh pada terjadinya dehidrasi. Feses yang dikeluarkan nantinya akan memiliki tekstur lebih keras. Di situlah penderita dehidrasi akan mendorong feses agar keluar secara sempurna. Untuk mengatasinya dengan memberikan cairan tubuh yang mencukupi agar feses tidak keras lagi.

6. Perubahan Warna Urin

Jika minum air putih dalam jumlah banyak, maka secara otomatis urin yang akan dikeluarkan tampak lebih bening dan jernih. Hal ini menjadi kebalikan, bila efek kekurangan air putih menyebabkan warna urin berubah menjadi gelap bahkan pekat sekalipun. Tentu saja tubuh akan secara sadar ketika tidak memiliki cukup banyak air yang masuk ke dalam.

Setidaknya kita harus minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Selain minum air putih, anda juga bisa minum susu rendah lemak, air kelapa, serta jus buah.

source: tanamancantik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s